WAJIB TAHU 6 VARIASI JARAK TANAM PINANG YANG UMUM, MANA YANG PALING IDEAL??

Jarak Tanam Pinang. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, kehadiran buah pinang menjadi sorotan masyarakat terutama dalam dunia bisnis. Berbagai manfaat dalam membudidayakan pinang membuat orang bersemangat menanamnya. Akan tetapi, dalam menanam pohon pinang, Anda harus memperhatikan jarak antar tanaman pinang. Karena apabila terjadi penubrukan pada daun-daun pinang, hal itu bisa berdampak dan berpengaruh pada pertumbuhan pinang ke depannya. Simak berikut ini beberapa contoh jarak menanam pinang yang ideal.

Jarak Tanam Pinang Yang Ideal
Jarak tanam pinang yang ideal sangat membantu penyinaran dan persiapan peremajaan

Beberapa Contoh Jarak Tanam Pinang yang umum digunakan sebagai berikut

  1. Penanaman Tanaman Pinang Pada Jarak 2 m x 2 m

    Apabila Anda memiliki lahan yang tidak terlalu luas dan memutuskan untuk menanam pinang dengan jarak tanam pinang sekitar 2 m x 2 m, maka perlu diperhatikan beberapa hal. Saat tanaman pinang tumbuh besar nantinya, akan terjadi penabrakan antara daun pohon satu ke pohon yang lain. Keadaan ini tentunya tidak baik bagi perkembangan pertumbuhan tanaman pinang. Sebab, tanaman pinang akan kekurangan nutrisi dan paparan sinar matahari langsung sebab terhalang oleh daun. Jika tetap dipaksakan penanaman pinang pada jarak 2 m x 2 m maka lahan yang tadinya diniatkan menjadi kebun pinang malahan akan menjadi hutan pinang saking kerapatan antar pohonnya.

  2. Penanaman Pinang Pada Jarak 2,5 m x 2,5 m

    Jarak menanam pinang salah satunya bisa menggunakan ukuran 2,5 m x 2,5 m. Akibat jika menanam pohon pinang dengan jarak segini, ketika pohon pinang tumbuh dewasa maka helaian daun dari pohon pinang satu akan melewati pohon pinang yang lain. Kondisi ini tidak bisa dibilang baik walaupun nantinya dampak yang ditimbulkan tidak sebanyak pada penanaman jarak 2 m x 2 m. Akan tetapi, dalam syarat untuk perkebunan, jarak tanaman yang ditanam harus dihindarkan dari helaian daun yang melewati tanaman lain dan akar dari tanaman itu tidak melewati tanaman yang satunya juga.

  3. Penanaman Pinang Pada Jarak 2,75 m x 2,75 m

    Seperti yang sudah dijelaskan pada sebelum-sebelumnya, jarak menanam pinang 2,75 m x 2,75 m masih belum cukup ideal. Mengapa? Meskipun minim kemungkinan helai daun akan saling bertubrukan, tetap saja tanaman pinang akan mendapat asupan sinar matahari yang kurang. Meskipun tidak bertubrukan, tapi dari kejauhan posisi tanaman pinang masih terlihat rapat. Tentunya, akan mempengaruhi pada pertumbuhan pinang ke depannya.

    Baca Juga :
    Analisa Usaha Budidaya Pinang Dalam Dunia Bisnis
    Cara Merawat Pinang Agar Berbuah Cepat

  4. Penanaman Pinang Pada Jarak 3 m x 3 m

    Tanaman pinang yang ditanam pada jarak 3 m x 3 m akan terhindarkan dari tubrukan daun dan helai daun tidak akan melewati pohon satunya. Bisa dibilang jarak menanam pinang 3 m x 3 m ini sudah lumayan ideal. Walaupun begitu, dengan jarak segitu masih menghalangi matahari untuk menembuskan cahayanya sampai ke bawah. Apalagi jika yang ditanam adalah jenis pohon pinang betara, tentunya lebih membutuhkan paparan sinar matahari lebih ekstra. Solusinya adalah dengan menambah sedikit jarak antar pinang supaya tanaman pinang dapat tumbuh dengan baik serta optimal. Ini merupakan jarak tanam pinang paling ideal. Selain itu juga lahan kebun pinang bisa dimaksimalkan dengan penanaman sistem tumpangsari pada jarak tanam ini.

  5. Penanaman Pinang Pada Jarak 3,5 m x 3,5 m

    Jika Anda menanam tanaman pinang pada jarak sekitar 3,5 m x 3,5 m mungkin itu bisa disebut jarak ideal. Karena dengan begitu, tanaman pinang bisa mendapat suplai dari sinar matahari secara langsung tanpa terhalangi. Selain itu, tanaman pinang akan mempunyai celah kosong dari sisi depan, belakang, dan samping. Bisa dikatakan bahwa jarak 3,5 m x 3,5 merupakan jarak ideal minimum untuk diterapkan ke pohon pinang agar mendapat hasil yang memuaskan.

  6. Penanaman Pinang Pada Jarak 4 m x 4 m

    Jarak tanam pinang lainnya, adalah dengan menggunakan ukuran 4 m x 4 m. Anda bisa menggunakan ukuran jarak ini jika memiliki lahan yang cukup luas. Dengan jarak segitu, maka sudah bisa dipastikan tanaman pinang mendapatkan sinar matahari yang cukup tanpa perlu khawatir dengan helai daun yang menghalangi. Juga nantinya, sinar matahari bisa sampai menembus ke bawah. Jarak antar tanaman pinang juga mempunyai celah lumayan sehingga pas dilihat sebagai perkebunan.

Itulah beberapa contoh jarak tanam pinang dari yang belum ideal sampai ideal. Perlu diketahui bahwa jika ingin mendapatkan hasil buah pinang yang bagus, maka perhitungan jarak tanam pinang ini sangat penting untuk diperhatikan. Sebagai referensi, beberapa contoh di atas bisa menjadi bayangan Anda dalam memulai usaha budidaya pinang. Sebenarnya, jarak tanam pinang bisa disesuaikan tergantung pada luas lahan dan jenis tanaman pinang itu sendiri.

Dalam pola tanam pinang, ada dua cara yaitu tumpang sari atau monokultur. Sedangkan untuk pola menanam pinang sendiri lebih baik membentuk bangun segitiga atau segilima (mata lima). Namun pada umumnya untuk penanaman pinang banyak yang menggunakan bentuk sejajar atau segiempat. Tanaman pinang bisa tumpangsari dengan berbagai tanaman keras, sebaiknya dihindari tanaman yang punya morfologi yang rimbun dan tumbuh besar, seperti manggis, durian, karet dll. Yang sangat cocok dan rekomendasi untuk tumpangsari dengan pinang adalah kopi, coklat, pisang, jagung, dll.

Demikian penjelasan mengenai jarak tanam pinang. Jarak tanam ini sangat berpengaruh terhadap produktivitas dari tanaman pinang, sebaiknya gunakan jarak tanam yang sudah direkomendasikan agar hasil tanaman bisa maksimal. Salam sukses petani pinang.

8 komentar untuk “WAJIB TAHU 6 VARIASI JARAK TANAM PINANG YANG UMUM, MANA YANG PALING IDEAL??”

  1. Saya sebagai pemula ingin menananyakan bahwa refrensi diatas bisakah nantinya setelah masa bakti usia pinang sudah tidak begitu aktif untuk di panen maka di selah jarak tanaman tersebut bisa di campursarikan atau istilahnya diremajakan, terimakasih

  2. Pingback: PRODUKTIF & MUDAH DITUMBUHKAN, BUDIDAYA PINANG BETARA COCOK UNTUK LAHAN SEMPIT - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  3. Pingback: JARANG DIKETAHUI, INILAH 5 RAHASIA SUKSES BUDIDAYA PINANG BETARA AGAR PANEN MAKSIMAL - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  4. Pingback: WAJIB TAHU !!! 3 CARA BERKEBUN PINANG YANG BENAR UNTUK PEMULA - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  5. Pingback: 5 TAHAPAN CARA MENANAM PINANG AGAR CEPAT BERBUAH YANG LEBAT - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?